Master Of Civil Engineering

Teknik Sipil dan Perencanaan UII

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Penjelasan Akademik & Workshop tentang Penyelesaian Tesis
Written by Administrator   
Thursday, 17 September 2015

Sample ImageSebagai Program yang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, pada 12 September 2015 Program Magister Teknik Sipil FTSP UII mengadakan dua kegiatan penting untuk mewujudkan kelancaran perkuliahan bagi semua mahasiswa barunya.

Pertama, Penjelasan Akademik Mahasiswa Baru TA 2015/2016. Dalam kegiatan ini, Kutua  dan Sekretaris Program Magister Pascasarjana Teknik Sipil FTSP UII, Prof. Ir. Sarwidi, MSCE., Ph. D., IP-U. dan Ir. Tuti Sumarningsih, MT menjelaskan kepada mahasiswa konsentrasi Manajemen Konstruksi (MK), Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK), dan Perencanaan dan Teknik Transportasi (PPT) kaitannya dengan hal-hal yang perlu diperhatikan selama menempuh kehidupan akademik di PMTS FTSP UII. Sample Image

Kedua, Workshop tentang Penyelesaian Tesis. Prof. Widodo, MSCE., Ph. D. menjadi pemateri dalam acara ini. Di dalamnya Ia menyampaikan tentang bagaimana dan mengapa tesis harus diselesaikan tepat pada waktunya.

Dua kegiatan di atas memberi gambaran kepada setiap mahasiswa baru tentang apa yang harus diperhatikan, direncanakan dan dilakukan selama menempuh pendidikan pascasarjana.

Last Updated ( Sunday, 04 October 2015 )
 
Kuliah Umum Mahasiswa Baru TA 2015/2016
Written by Administrator   
Thursday, 17 September 2015

Sample ImageSabtu 12 September 2015, Program Pascasarjana Teknik Sipil FTSP UII mengadakan kuliah umum untuk Mahasiswa Baru TA 2015/2016. Acara ini dihadiri oleh 46 mahasiswa dari Konsentrasi Manajemen Konstruksi, Manajemen Rekayasa Kegempaan, Dan Perencanaan Dan Teknik Transportasi. Ir. Akhmad Suraji, MT., Ph.D sebagai pemateri pada studium generale ini menbawakan topik tentang “Pentingnya Investasi Pendidikan di Bidang Teknik Sipil dalam Kesiapan Menghadapi Integrasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Sebuah Peluang Dan Tantangan.

Dalam prosesnya, Akhmad Suradji yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah DIY mengistruksikan semua mahasiswa untuk menuliskan pendapat mereka kaitannya dengan point baik-buruk dunia keteknik sipilan. Tulisan tersebut ditujukan untuk mengetahui pemahaman mereka secara umum tentang dunia teknik sipil yang nantinya akan dibahas pada penghujung acara.

Dengan semangat dan antusiasmenya, Akhmad memberikan pemahaman kepada seluruh mahasiswa baru bahwa langkah yang sedang mereka ambil sudah benar. Pendidikan yang sedang ditempuah merupakan suatu bentuk investasi yang baik guna menghadapi integrasi masyarakat ekonomi ASEAN khususnya dan zaman yang terus berkembang umumnya. Dengan adanya situasi yang semakin sulit, sikap yang terbaik yang mungkin ditunjukkan adalah sikap optimis, dengan menganggap bahwa setiap kondisi tersebut tidak lain hanya merupakan peluang dan tantangan. Dikatakan “peluang” bahwa seyogyanya setiap mahasiswa senang dan cekatan menghadapi situasi yang ada, dan “tantangan” adalah untuk selalu berupaya mengembangkan diri.

Sample ImagePada penghujung acara, tulisan-tulisan yang pada awal acara dikumpulkan, telah dikompilasi dan ditampilkan dalam bentuk slides untuk kemuduian dibahas. Beraneka ragam tentunya pendapat-pendapat yang dikemukakan pada slides tersebut, sesuai dengan masalah yang terjadi dan harapan yang diinginkan oleh setiap mahasiswa terkait dengan dunia keteknik sipilan khususnya di Indonesia. Salah satu tanggapan yang paling menarik adalah bahwa dunia keteknik sipilan di Indonesia masih sarat akan korupsi, kolusi dan nepotisme. Jawaban yang menarik pula dari Akhmad Suradji kaitannya dengan hal itu adalah karena tidak munculnya “wisdom” dari setiap pelaku. Bahwa wisdom itu akan muncul dari proses pencarian informasi, sekumpulan informasi akan membentuk data, sekumpulan data akan menciptakan knowledge (pengetahuan) dan kumpulan pengetahuan yang dimiliki akan memunculkan wisdom (kebijaksanaan). Jawaban ini kembali menguatkan posisi setiap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan guna tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga memunculkan wisdom untuk memperbaiki kondisi Indonesia khususnya dalam dunia keteknik-sipilan.

Last Updated ( Sunday, 20 September 2015 )
 
Seminar Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Teknik Sipil FTSP UII Bersama Taruna AKMIL
Written by Administrator   
Thursday, 17 September 2015

Sample ImageMagelang, 5 September 2015. Mahasiswa Program Pascasarjana bersama mahasiswa S1 Teknik sipil FTSP UII mengikuti Seminar Prodi Teknik Sipil Pertahanan yang diadakan oleh Akademi Militer (Akmil) dengan tema “Solusi Pembangunan Infrastruktur Dalam Menghadapi Bencana Alam” seminar ini juga diikuti oleh Taruna Akmil Magelang, mahasiswa S1 Universitas Tidar Magelan dan mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Magelang. Prof. Widodo, MSCE., Ph. D. yang juga merupakan Guru Besar FTSP UII dalam kesempatan kali ini “ditunjuk” sebagai pemateri.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada seluruh mahasiswa dari prodi Teknik Sipil Pertahanan terkait dengan pembangunan infrastruktur yang baik Sample Imagesebagai suatu solusi dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa datang. Ini merupakan langkah preventif yang maksudnya bukanlah meniadakan bencana, karena datangnya bencana merupakan hal yang niscaya. Akan tetapi untuk meminimalisir dampak yang mungkin ditimbulkan dari adanya bencana, sehingga kerugian masyarakat maupun Negara yang mungkin terjadi dapat ditekan hingga titik terendah.

Mewujudkan Pembangunan infrastruktur yang baik seperti pengadaan air bersih, pembangunan jalan, kereta api, kanal, waduk, tanggul, dan pengelolahan limbah serta hal-hal lainnya memang bukanlah hal mudah dan membutuhkan biaya yang besar, akan tetapi itu semua adalah hal-hal yang perlu dan harus dilakukan mengingat dampak positif yang dihasilkan, dan dampak negatif yang mungkin mengarah pada bencana. 

Last Updated ( Thursday, 17 September 2015 )
 
Undangan Penjelasan akademik Mahasiswa Baru Tahun Akademik2015/2016 & Kuliah Umum
Written by Administrator   
Tuesday, 08 September 2015
Sample Image
Last Updated ( Tuesday, 08 September 2015 )
 
Kegiatan Akademik PMTS FTSP UII Tahun 2015
Written by Administrator   
Monday, 31 August 2015
Sample Image
Last Updated ( Wednesday, 02 September 2015 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Results 11 - 20 of 20