Kuliah Umum Pengendalian Kualitas Pada Konstruksi Baja “Tipe Penyimpangan Kualitas Pada Struktur Menara Telekomunikasi Selular”

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sektor bisnis telekomunikasi adalah salah satu sektor industri yang terus berkembang pesat selama lebih dari 15 tahun terakhir ini. Jumlah pengguna telepon selular diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan semakin terjangkaunya harga handset dan biaya pembicaraan yang semakin murah dan kompetitif, dimana masing-masing operator menawarkan paket biaya yang bervariasi dengan berbagai jurus. Konsekuensi dari upaya tersebut, membuat para penyedia jasa layanan telekomunikasi selular harus membangun jaringan telekomunikasi baru di seluruh Indonesia sebagai salah satu upaya memenangkan kompetisi dalam pasar telekomunikasi selular.

Pembangunan sistem jaringan telekomunikasi selular dan infrastrukturnya yang dilakukan oleh operator merupakan proyek besar dengan skala nasional yang membutuhkan dan melibatkan banyak sumber daya. Pada fase konstruksi, pembangunan pengembangan jaringan telekomunikasi membuat proyek ini menjadi cukup kompleks untuk dikelola bila dibandingkan dengan proyek sipil lainnya. Waktu konstruksi yang singkat, luas wilayah dan banyaknya site yang harus dikerjakan dalam satu kurun waktu, membuat kemungkinan tidak seragamnya kualitas pelaksanaan menjadi signifikan.

Pada bagian lain, dari aspek manajemen, produk yang dihasilkan harus seragam walaupun dibatasi oleh kendala waktu, biaya, kondisi geografis yang berat, kondisi sosial dan keamanan masyarakat setempat atau akibat dari terbatasnya sarana prasarana transportasi. Ketidaksesuaian atas dasar kualitas yang terjadi pada pekerjaan menara telekomunikasi dapat menyebabkan gangguan pada fungsi dasar dan fungsi utama menara telekomunikasi atau bahkan dalam tahapan lebih lanjut bisa menyebabkan kegagalan struktur. Hal ini dapat menjadi sumber masalah atau memiliki potensi masalah yang bahkan bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Menghadapi realita tersebut, maka diadakanlah Kuliah Umum dengan tema Pengendalian Kualitas Pada Konstruksi Baja “Tipe Penyimpangan Kualitas Pada Struktur Menara Telekomunikasi Selular”, Sabtu (28/11). Hadir dalam kesempatan tersebut Firmadi Ulfa, ST., MT., Deputy Project Director PT. Arsy Global Otonom sekaligus alumni Magister Teknik Sipil UII sebagai pembicara. 

Bertempat di ruang kuliah Magister Teknik Sipil UII, Firmadi menjelaskan secara terperinci mengenai tipe-tipe struktur baja menara telekomunikasi selular dan jenis-jenis penyimpangan kualitas pada elemen struktur dan non struktur pada menara telekomunikasi.

Firmadi mengatakan perlu adanya perbaikan desain pada sambungan struktur rangka baja menara. “Sebagai besar penyimpangan kualitas yang terjadi pada alat sambung merupakan penyimpangan kualitas yang terjadi pada fase konstruksi dan fase operasi pemeliharaan dan sebagian besar penyimpangan kualitas pada material elemen struktur merupakan penyimpangan kualitas yang disebabkan oleh penyimpangan pada fase desain dan fase fabrikasi”, ujar Firmadi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.